Gambar

Begini Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

30 Mar

wjah minyakCara merawat kulit wajah berminyak – Kulit wajah yang berminyak dapat menjadi permasalahan tersendiri. Kulit wajah akan kelihatan lebih tebal dan memiliki pori besar serta membuat kulit jadi berjerawat. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah yang bisa membantu mengurangi kesan berminyak pada kulit, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit yang kusam. Ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini agar kulit wajah terlihat lebih cantik yang bebas minyak.

Jangan memakai scrub wajah pada kulit berminyak. Hal itu dapat merangsang produksi minyak yang sangat banyak. Sebaliknya, pakai produk-produk yang terkandung AHA didalamnya (Alpha Hydroxy Acids: asam glikolat, asam sitrat, asam laktat) atau BHA (Beta Hydroxy Acids: asam salisilat) atau enzim-enzim dari buah nanas, susu, labu, dan lain-lain yang akan membantu untuk melarutkan ‘lem’ yang menahan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit.

Rajinlah membersihkan kulit pada pagi dan malam hari dengan sabun pembersih wajah yang lembut yang mengandung pH seimbang (sedikit bersifat asam). Kulit Anda memiliki ‘mantel’ asam pelindung yang harus dipertahankan karena bakteri cenderung tidak berkembang biak di lingkungan yang asam. Kebanyakan ‘sabun’ mengandung kadar alkalin yang tinggi dan meluruhkan mantel asam alami tersebut dari kulit, sehingga membuat kulit rentan terhadap bakteri.

Setelah memakai pembersih, lanjutkan memakai toner yang bebas alkohol atau aseton. Sekali lagi, alkohol dan aseton membuat kulit menjadi sangat kering sehingga kelenjar minyak mendapat pesan bahwa kulit membutuhkan peningkatan produksi minyak. Cukup teteskan sedikit toner pada kapas alami yang bersih dan usapkan dengan lembut ke seluruh wajah dan leher.

Gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak. Minyak dan kelembapan adalah dua hal yang berbeda dan kulit berminyak membutuhkan kelembapan. Kelembapan berarti mengandung air dan bahkan kulit yang berminyak pun dapat dehidrasi karena kekurangan air. Pastikan juga Anda minum banyak air.

Gunakan masker AHA, BHA, atau enzim hanya untuk dua kali seminggu (terlalu sering akan merangsang terlalu banyak produksi minyak) untuk meningkatkan sirkulasi, dan pertukaran oksigen pada kulit serta mencerahkan kulit kusam dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hal ini juga dapat membantu mengontrol jerawat.

Gunakan masker lempung sekali seminggu untuk membantu mengencangkan pori-pori agar terlihat lebih kecil. Menjaga kulit tetap bersih tanpa memperlakukannya secara berlebihan tentunya akan sangat membantu dalam proses perbaikan kuit dengan menjaga pori-pori tetap bersih dari sel-sel kulit mati, sisa-sisa riasan wajah, kotoran, dll.

Teruslah konsisten dengan aturan perawatan kulit Anda dan jangan pernah mengakhiri malam Anda tanpa melakukan program perawatan kulit Anda. Kulit sangatlah aktif selama Anda tidur untuk melakukan pekerjaan perbaikannya dan memproduksi sel-sel baru dengan lebih cepat dibanding saat kita terjaga. Bantu kulit melakukannya dengan menjaga kulit tetap bersih dan dapat bernapas (pertukaran oksigen) pada malam hari.

Gunakan produk-produk alami. Parfum buatan, zat pewarna, bahan kimia sintetis dan minyak mineral harus dihindari dengan segala cara jika Anda ingin mengontrol kulit yang berminyak.

Gunakan bedak mineral yang bebas minyak sebagai dasar riasan untuk siang hari. Gunakan perona wajah bubuk dibanding perona berbentuk krim dan perona mata bubuk dibanding yang berbentuk krim. Bedak transparan dapat diterapkan dua atau tiga kali sepanjang hari setelah menyerap wajah dengan tisu untuk mengurangi minyak yang berlebih.

Rajinlah mengganti lap wajah setiap hari. Minyak dapat menjadi tengik dengan cepat. Cucilah kuas-kuas dan aplikator riasan paling lama seminggu sekali. Jauhkan tangan dari wajah Anda, bersihkan telepon dengan kapas alkohol setiap hari. Demikian Cara merawat kulit wajah berminyak semoga bermanfaat. (source : http://id.wikihow.com/Merawat-Kulit-Berminyak)

Iklan
%d blogger menyukai ini: