Cara Mencuci Wajah yang Benar

28 Sep

Setiap hari kita pasti sering membersihkan wajah entah itu kebiasaan atau memang kamu memerlukannya. Membersihkan wajah memang penting untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Beragam produk kesehatan kulit wajah telah bereda dipasaran dan kadangkala semua menjanjikan beragam keunggulan.

Kebiasan membersihkan muka atau wajah bukan berarti kita akan terbebas dari gangguan kulit wajah. Kondisi udara saat ini memang semakin rentan akan polusi udara, debu dan asap. Dengan sering mencuci wajah maka kulit akan tetap segar dan terbebas dari kulit kering dan jerawat.
cuci-wajah
Menyadur dari Genius Beauty ada 10 cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan proses mencuci muka kamu. Hasilnya, kulit kamu pun akan tampak lebih sehat.

1. Gunakan produk sabun kecantikan kamu dengan hati-hati

Bila kulit kamu memerah dan sensitif setelah dibersihkan kemungkinan pembersih yang kamu pakai terlalu keras. Sementara menghapus make up dan kotoran, tidak harus mengambil sel-sel sehat atau minyak alami dari kulit kamu.

Jika hal ini terjadi sebaiknya pilih pembersih wajah lainnya yang dapat membersihkan secara menyeluruh tapi tidak meninggalkan masalah pada wajah.

2. Berapa kali kamu mencuci muka?

Jika kamu terbiasa mencuci muka lebih dari dua kali sehari, kamu akan kehilangan terlalu banyak minyak alami dan akhirnya iritasi. Wajah kamu butuh istirahat dari berbagai produk kecantikan. Jika kamu tidak terlalu banyak berkeringat lebih baik tanggalkan make up. kamu pun dapat melewatkan prosesi membersihkan wajah sebelum tidur dan hanya mencucinya dengan air hangat.

3. Pertimbangkan suhu air

Beberapa orang percaya bahwa air panas membuat pori-pori terbuka dan air dingin membuat lubang pori-pori mengecil. Ternyata hal itu tidak benar karena pori-pori tidak memiliki otot sehingga tidak dapat membuka atau menutup.

Bagi kamu yang kerap mencuci muka dengan air panas, ternyata cara itu malah membuat kulit kamu lebih kering. Pasalnya air panas dapat meluruhkan minyak pelindung kulit. Pastikan bahwa air tidak terlalu panas, cukup air yang hangat.

4. Jangan terobsesi pengelupasan kulit

Untuk memastikan sel-sel kulit mati terangkat dari wajah, tak perlu menggunakan scrub setiap hari. kamu dapat melakukannya dua kali dalam seminggu. Jika kamu merasa scrub kamu tidak terlalu bekerja maksimal, kamu pun dapat menggunakan buah yang mengandung asam.

5. Bilas secara menyeluruh

Proses pembilasan yang tak sempurna akan meninggalkan sisa kotoran yang tidak diinginkan di wajah kamu. Akhirnya pori-pori pun tersumbat.

Cara membilas wajah yang benar dimulai dari dekat garis rambut, lanjutkan sampai sekitar rahang kamu. Jangan lupa juga bagian sela-sela hidung karena di bagian ini biasanya sisa kotoran tertinggal.

6. Perhatikan kandungan bahan

Jika kamu menemukan produk kecantikan yang menimbulkan masalah pada kulit kamu jangan dibuang begitu saja. Perhatikan baik-baik labelnya. Apakah ada paraben dan pengawet sintetis lainnya? Atau pewarna dan wewangian yang dapat menyebabkan iritasi?

Jika ada kandungan sodium lauril sulfat, kamu harus berhati-hati karena bahan ini mampu menghasilkan reaksi alergi. Dengan mengetahui kandungan yang terdapat pada kosmetik yang menimbulkan masalah kulit, akan menghindarkan kamu dari kesalahan membeli produk.

7. Penggunaan handuk

Gunakan handuk yang bersih dan lembut pada wajah kamu. Jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosok. Terlalu banyak tarikan dan gesekan akan memengaruhi elastisitas kulit kamu. Lakukan pengeringan dengan cara menepuk wajah kamu dengan lembut sampai wajah benar-benar kering.

8. Pakailah pelembap

Jangan menunggu kulit kamu kering untuk memakai pelembap. Lakukan saat kulit masih basah. Pasalnya dengan cara ini pelembap akan menyerap dengan sempurna ke kulit. Pelembap yang tidak menyerap akan meninggalkan residu pada kulit sehingga menyebabkan masalah lainnya.

9. Banyak tak berarti hasilnya lebih baik

Tak perlu punya banyak produk perawatan wajah. kamu cukup memilih beberapa yang kamu butuhkan dan sesuai dengan kulit kamu. Pilihlah produk yang merawat secara efektif.

10. Minyak untuk membersihkan wajah

Keyakinan lama bahwa minyak menyumbat pori-pori kulit sekarang telah berubah. Bahkan para ahli cenderung menyarankan pembersih yang mengandung minyak untuk semua jenis kulit.

Minyak ternyata dapat membersihkan pori-pori secara efektif, menyingkirkan bakteri dan memberikan keseimbangan yang sehat pada kulit.

Ketika memilih produk berbasis minyak, pastikan berasal dari minyak alami dan tanaman. kamu dapat menggunakan minyak almond, minyak biji anggur, minyak biji aprikot, minyak bunga matahari dan sebagainya.

Minyak kelapa dan minyak zaitun mungkin juga cocok jadi pilihan. Pijat sedikit minyak ke wajah kamu dengan lembut dan kemudian bersihkan dengan kain basah yang lembut. Untuk menghindari meninggalkan residu yang akan menyumbat pori-pori, bersihkan minyak secermat mungkin.

Demikian artikel cara mencuci wajah yang benar. Semoga wajahmu semakin cantik dan teatp sehat.

%d blogger menyukai ini: